Peran Pemuda Muslim

No Comments

Masa muda adalah salah satu masa pencarian jati diri dan masa untuk membuktikan eksistensi yang identik dengan optimisme, penuh semangat dan cita-cita. Dalam islam, pemuda menjadi ujung tombak yang memiliki peran dan andil besar dalam di setiap zamannya.

Taukah kamu, jika pemuda islam memiliki peran yang jelas? Mulai dari deskripsi, gambaran hingga perumpamaan.. Dengan kata lain, sebagai pemuda muslim akan memiliki tugas dan kewajiban terhadap dirinya sendiri, agama dan umatnya. 

Untuk itu, ini adalah peranan pemuda dalam islam yang bisa kamu terapkan di dalam diri kamu.

Pemuda sebagai penggerak

Jika diibaratkan, pemuda adalah sebuah generator medan magnet yang mampu bergerak kencang untuk menggerakan roda-roda agar dapat berputar dengan baik untuk membentari jalannya kehidupan. Maka dari itu sebagai pemuda islam, kamu harus memiliki jiwa penggerak yang membangun. Sehingga nantinya kamu mampu membantu menyadarkan saudaramu untuk memahami arti kehidupan. Bukan sekedar arti kehidupan saja, melainkan bagaimana ia membangkitkan semangat dan perjuangan dakwah sebagai salah satu kecintaannya kepada Allah dan Rasul-nya

Pemuda sebagai petunjuk arah

Jika seorang nahkoda memiliki tugas dan misi untuk membawa dan mengarahkan penumpang ke tempat tujuan dengan selamat, maka bagi pemuda islam ia mampu mengarahkan perahu yang membawa amanah dakwah. Sehingga dakwah yang disampaikan dapat berjalan sesuai arah dan sampai tujuan dengan selamat.

Begitupun saat kamu sedang melihat teman atau kerabatmu yang berjalan di arah yang salah, kamu bisa menuntun mereka  untuk kembali arah yang benar dan demikian jika kamu memiliki jiwa kasih sayang, insya Allah akan senantiasa agar menginginkan kebaikan bagi orang lain yang dimana hal tersebut akan menjadi bukti kesempurnaan imannya.

Pemuda yang memiliki sifat tangguh

Saat ini, dunia membutuhkan para pemuda yang tangguh, tidak kenal menyerah dan asa agar selalu mampu mengembangkan risalah dakwah yang terasa sulit. Apabila perasaan ini telah menetap di relung hatimu sebagai pemuda muslim, makan insya Allah kamu tidak akan gentar terhadap gangguan dan ancaman dari orang lain. Hal ini disebabkan karena kamu telah sadar bahwa berdakwah adalah suatu amanah dan tanggung jawab yang harus kamu jalani.

Pemuda yang memiliki pandangan secara luas

Sebagai pemuda muslim, kamu harus bisa memiliki pandangan yang luas dan tajam tentang dakwah. Karena jika diibaratkan kamu adalah seekor burung elang yang mampu terbang setinggi angkasa, serta memiliki pandangan secara luas dan mata yg tajam. Dengan demikian, jika kamu telah memilikinya di dalam dirimu kamu akan lebih mampu memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk menanamkan nilai-nilai dakwah.

Sebagai penutup, perlu kamu ingat dan bisa kamu terapkan kalau  ada 3 kemampuan yang sebaiknya kamu miliki sebagai pemuda muslim. Antara lain sebagai agent of change di dalam masyarakat, conceptual skill yang dimana kamu harus mampu menciptakan ide-ide dan gagasan secara inovatif untuk mendukung gerakan perubahan yang baik, technical skill berupa kemampuan secara teknis yang kamu miliki yang nantinya akan dibutuhkan sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat dan terakhir human skill, yaitu kamu harus memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat lainnya untuk melakukan perubahan atau melakukan dakwah secara bersama-sama.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu