Cara Menanggapi Permasalahan Hidup

No Comments

Dalam hidup, tentunya akan ada yang namanya permasalahan dan ujian yang harus tetap kita jalani. Memang, seringkali kita merasa bahwa masalah hidup yang kita sedang jalani sangatlah berat dan gak jarang kita merasa gak mampu untuk menghadapinya.

Tetapi, yang perlu kamu ingat adalah bahwa Allah SWT memang memberikan ujian kepada setiap umat-Nya karena itu adalah bentuk dari kasih sayangnya. Allah SWT mencintai hamba-Nya yang memiliki kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup dan percayalah jika kamu sabar dan tabah dalam menjalaninya, Allah akan memberikan kompensasi yang sepadan, yaitu kebahagiaan untuk kamu kelak.

Jika kamu merasa sulit untuk menghadapi permasalahan dalam hidup kamu, kamu bisa mencoba cara-cara berikut ini yang insya Allah akan membuat kamu lebih tenang dan tabah.

1. Berwudhu

Mungkin sebagian dari kalian hanya mengetahui manfaat dari berwudhu adalah untuk mensucikan diri dari najis dan hadas aja. Tetapi, ada satu manfaat lain yang paling luar biasa hebatnya, yaitu dapat menjadi penawar racun hati. Dalam artian, saat kamu merasa gelisah ataupun sedih, berwudhulah insya Allah dosa-dosa kamu akan luntur dan hatimu akan lebih tenang. Mengapa demikian? Karena Allah SWT sangat menyukai orang-orang yang mensucikan dirinya dengan berwudhu. Hal ini tertuang dalam Quran surat Al-Baqarah ayat 222 “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

2. Salat

Jika diibaratkan salah adalah sebuah pintu dari banyaknya pintu-pintu yang dapat membantu kita untuk menghilangkan serta menutup penatnya dunia. Saat salat pun, dapat membuat kita akan merasakan ketenangan dan ketentraman dalam jiwa.

Allah SWT pernah berfirman dalam Quran surat Al-Baqarah ayat 45 “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” 

Mengapa salat dikatakan bisa membuat jiwa menjadi jauh lebih tenang dan tentram? Karena, dalam salat kita dapat mengeluarkan keluh kesah kita kepada Allah. Saat sedang sujud pun, kita bisa sekaligus menunjukan kepasrahan dan juga ketundukan di hadapan Allah. Sesungguhnya salat adalah nikmat yang luar biasa yang Allah berikan untuk menjadi penengah antara permasalahan hidup, kesedihan, kebahagiaan yang dimana kala bermunajat kepada Allah untuk menjalani ujian-ujian di dalam hidup ini.

3. Berdoa

Saat salat, tentunya kita kan berdoa kepada Allah. Sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah kepada kita sebagai umatnya untuk selalu berdoa saat kita mengalami musibah atau terkena masalah. Sebab doa sangat dapat membantu kita untuk menghilangkan sebuah musibah baik sebelum maupun sesudah musibah itu datang kepada kita. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah dalam sebuah hadits, beliau bersabda  “Tidak ada yang mampu menolak takdir kecuali do’a”. Shahihul jami’

4. Membaca Al-Quran 

Selain salat dan berdoa, membaca Al-Quran juga menjadi cara untuk membuat diri menjadi lebih tenang. Hal ini dikarenakan jika kamu benar-benar memahaminya, kamu akan menemukan sebuah kebahagiaan dan kenikmatan berupa petunjuk di dalam Al-Quran.

Allah SWT juga pernah berfirman “Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat”  (QS Al-A’raaf:204) 

Maka dari itu, Al-Quran merupakan petunjuk yang sebenar-benarnya bagi manusia. Sebab apa yang telah ditunjukan dalam Al-Quran dapat membuat kehidupan kita jauh lebih baik karena kita selalu ada di jalan yang benar dan tidak tersesatkan. Serta perlu diingat bahwa kita harus benar-benar yakin bahwa sesulit apapun masalah yang kita hadapi, pertolongan Allah SWT akan tetap ada dan yakinlah bahwa akan ada kebahagiaan yang luar biasa setelah kamu menghadapi ujian tersebut. 

5. Tawakal atau Berserah Diri Kepada Allah

Dan yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah selalu bertawakal atau berserah diri kepada Allah SWT. Sebab Allah pernah berfirman dalam Quran Surat Ath-Thalaq ayat 3  “Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya.”

Dalam ayat ini sudah jelas sekali bahwa dengan kamu bertawakal, kamu bisa memperoleh maslahat dan juga menolak dari mara bahaya. Allah SWT akan mengatur segala urusan di alam semesta ini sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya. Serta kita juga harus yakin, meskipun kita tetap berusaha untuk bisa keluar dari masalah ini tetapi tetap Allah SWT yang akan menentukannya. Seperti yang Allah firmankan, Kun Fayakun “Apa yang Allah kehendaki pasti akan terjadi dan jika Allah tidak kehendaki maka tidak akan pula terjadi.”

Itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi permasalahan hidup yang sedang kamu alami. Serta percayalah bahwa Allah SWT tidak akan memberikan cobaan jika umatnya tidak mampu. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu