6 Surat dalam Al-Qur’an yang Memiliki Keutamaan

No Comments

Al-Qur’an adalah kitab suci terakhir yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan hingga saat ini Al-Qur’an menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat muslim. Di dalam Al-Qur’an terdapat 30 juz dan 114 surat. Ayat pertama dalam Al-Qur’an turun pertama kali pada 17 ramadhan dan hari tersebut diperingati sebagai Nuzulul Quran. Dalam prosesnya, dilakukan secara berangsur selama 22 tahun, 2 bulan serta 22 hari.

Sebagai pedoman hidup umat muslim, di dalam Al-Qur’an mengandung ajaran, hukum, hikmah serta petunjuk yang dapat mengarahkan kehidupan umat muslim menjadi lebih baik. Selain itu, surat dalam Al-Qur’an memiliki keutamaan dan keistimewaan saat kita membacanya. Berikut ini adalah beberapa surat dalam Al-Qur’an yang memiliki keistimewaan:

1. Surat Al-Mulk

Apakah kamu tahu, bahwa membaca Surat Al-Mulk setiap malam dapat membantu kita untuk menghindari siksa kubur? Fadhilah ini diriwayatkan oleh An Nasa’i.

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, beliau berkata, “Barangsiapa membaca “Tabarokalladzi bi yadihil mulk” (Surat Al-Mulk) setiap malam, maka Allah akan menghalanginya dari siksa kubur. Kami di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menamakan surat tersebut Al-Mani’ah (penghalang dari siksa kubur).” 

Dia adalah salah satu surat di dalam kitabullah. “Barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah memperbanyak dan telah berbuat kebaikan.” (HR. An Nasai dalam Al Kabir 6/179 dan Al Hakim. Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut shahih).

2. Surat Ar-Rahman

Surat Ar-Rahman menjelaskan bagaimana kehidupan di surga dan neraka. Surat yang terdapat pada juz 27 ini menunjukan segala kenikmatan yang bisa diperoleh manusia dan membuat manusia untuk sentantiasa selalu bersyukur dengan apa yang terlah diberikan oleh Allah.

Rasulullah shallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan kepadanya.”

Saat seorang muslim meninggal saat membaca surat ini, maka ia akan meninggal dalam kondisi mati syahid dan inilah yang Rasulullah ajarkan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ja’far.

3. Surat Al-Waqi’ah

Surat Al-Waqi’ah tergolong kedalam surat Makkiyah dan terdiri dari 69 Ayat. Surat ini dikenal  karena memiliki keutamaan yaitu mampu menghindarkan kita dari sikap lalai, menjauhkan diri dari kefakiran dan menjaga kita dari kemiskinan. 

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits bahwa, “Barang siapa yang membaca surat Al-Waqiah, ia tidak akan tertimpa kefakiran selamanya.”

Maka dari itu, dengan membaca surat ini secara rutin, Allah akan mempermudah kehidupan kita di dunia.

4. Surat Yasin

Surat Yasin memiliki banyak keutamaan, beberapa di antaranya adalah diampuni dosanya oleh Allah SWT, segala urusan yang dilaluinya  akan dipermudah dan keinginannya akan dikabulkan. 

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang membaca surah Yasin untuk memohon ridha Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Al-Baihagy dalam Sya’abil Iman serta Mu’qil bin Yasar Rabersanma Kanzul Aumal Juz 112629).

5. Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi terdiri dari 110 ayat dan memiliki arti Gua. Dengan membaca surat ini setiap kamis atau malam jumat insya Allah akan terjaga dari fitnah dajjal.

Rasulullah bersabda “Barang siapa yang berada di zaman dajjal hendaknya membaca ayat-ayat pertama di surat Al-Kahfi.” (HR Muslim).

6. Surat Ad-Dukhan

Surat Ad-Dukhan merupakan surat dalam Al-Qur’an yang terdiri atas 59 ayat dan tergolong ke dalam surat Makkiyah. Ad-Dukhan diambil dari ayat ke-10 yang memiliki arti Kabut.

Rasulullah bersabda: “Barang siapa membaca surat Haamimm Ad-Dukhaan pada malam Jumat atau pada hari Jumat Allah, akan membangunkan untuknya satu rumah di surga.” (HR Thabrani)

Pada umumnya, seluruh surat yang ada dalam Al-Qur’an memiliki keistimewaannya masing-masing dan keenam surat ini merupakan sebagian kecil yang bisa kita teladani. Dengan membaca Al-Qur’an secara istiqomah, insya Allah akan selamat dari dunia akhirat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu