4 Amalan Ringan untuk Pemuda Islam

No Comments

Kita tidak tahu amal shaleh mana yang akan menjaminkan husnul khatimah dan masuk surga. Bisa jadi justru dari amal shaleh yang sederhana, yang remeh, yang kecil, tapi ternyata itulah yang menjamin dan membawa kita berada di surganya Allah 

-Syekh Ali Jaber-

Sebenarnya, menjadi pemuda muslim yang menjalankan perintah Allah tidak perlu sesuatu yang memberatkan dan membebani. Ada banyak cara sederhana yang bisa kita lakukan setiap harinya, namun bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi kita dan sekitar.

Mari kita mulai melihat setiap kegiatan sederhana ini!

1. Sedekah Subuh

Waktu subuh berisi banyak sekali keistimewaan dan keberkahan di dalamnya. Di waktu ini, ada doa para malaikat kepada orang yang beribadah dan bersedekah. Rasulullah pun mendoakan ibadah di waktu subuh, salah satunya sedekah. Bahkan sedekah subuh, insya allah bisa menjadi jawaban dari apapun permasalahan kita. Mulai dari jodoh, utang, rumah tangga, dan lainnya. 

Bagaimana cara melakukannya ? cukup sediakan tempat apapun bentuknya, lalu taruhlah sedekah setiap subuh. Lalu di setiap jumat, berikan sedekah tersebut kepada yang membutuhkan. Insya allah pahala sedekah subuh dan juga keutamaan bersedekah di hari Jumat akan kamu dapatkan keduanya.

2. Berwudhu Sebelum Tidur

Jika kita tidur dalam keadaan berwudhu, dan ternyata ruh kita tidak kembali lagi. Insya allah kita meninggal dalam keadaan bersih dan khusnul khatimah. Karena itu sebelum tidur, biasakan ambil wudhu, lalu tambahkan dengan doa memohon ampunan kepada Allah, serta memaafkan orang yang pernah berbuat salah kepada kita. Agar kita menjadi bersih lahir dan batin.

Rasulullah saw pernah bersabda:

“Tidaklah ada yang menjaga wudhu kecuali orang yang beriman” – HR Ibnu Majah

3. Membaca Surat Al Mulk

Rasulullah pernah menyampaikan kepada kita:

“Sesungguhnya terdapat sebuah surat dalam Al Quran yang mengandung 30 ayat, yang akan memberikan syafaat kepada seseorang sampai ia diampuni, surat itu adalah surat Tabarakallazi biyadihil mulk” – HR at Tirmidzi

Jangan lah tidur sebelum membaca surat Al Mulk. Bisa jadi tidur itu adalah waktu terakhir kita sebelum kembali kepada Allah swt. Insya allah surat inilah yang akan menyelamatkan kita dari siksa kubur.

4. Mengisi waktu dengan Berzikir dan Berselawat

Sesungguhnya ada 2 kalimat, yang ringan di atas lidah, tetapi berat diatas timbangan Allah

“Subhanallahi wa bihamdihi, subhanallahil Azhim”

Rasulullah SAW juga bersabda:

“Dua kalimat yang ringan di lisan, namun berat ditimbangan, dan disukai ar Rahman yaitu : Subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil azim (Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Maha suci Allah yang maha agung)” – HR Bukhari dan Muslim

Ingat, Allah menyuruh kita untuk bergerak di bumi ini. Mencari Rezeki, kemuliaan, dan Karir. Tetapi jangan lupa bahwa tugas utama kita adalah mengingat selalu Allah dan berselawat kepada Rasulullah.

Jika kamu saat ini sedang mengalami masalah atau kesulitan, tanyakan pada diri kamu, apakah sudah memperbanyak Dzikir dan berselawat kepada Rasulullah?

Mungkin masa muda kita disibukan untuk membangun karir dan segala urusan dunia. Tapi Sobat, Luangkan sedikit waktumu, dan perbanyaklah amal Saleh yang sederhana, sesuai kemampuan kita. Karena kita tidak tahu, diantara amal shaleh itu, mana yang didalamnya tersembunyi ridha Allah dan mengantarkan kita ke surga Nya.

Semoga bisa memberikan manfaat !

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu