Penyebab Utama Seseorang Malas Beribadah

No Comments

Sebagai manusia, kita diciptakan oleh Allah Swt untuk selalu beribadah kepada-Nya. Ibadah yang kita lakukan ini bukan semata-mata tanpa tujuan, melainkan kita melaksanakan ibadah agar bisa mendapat ridha dan pahala yang nantinya menjadi jalan bagi kita untuk meraih surga-Nya kelak di akhirat.  Namun, tak bisa dipungkiri masih banyak manusia bahkan diri kita sendiri terkadang enggan melakukan ibadah kepada Allah karena adanya rasa malas. 

Seseorang cenderung malas melakukan ibadah karena ia merasa kehidupan di dunianya lebih penting, sedang mengerjakan tugas atau sekedar tanggung meninggalkan pekerjaan dan banyak kesibukan lainnya yang dijadikan alasan bagi seseorang untuk meninggalkan ibadah. 

Namun tahukah sobat? Ternyata bukan hanya kesibukan saja yang membuat seseorang malas melakukan ibadah, terdapat empat hal utama yang menyebabkan seseorang malas beribadah. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Tidak memahami urgensi ibadah

Penyebab yang pertama seseorang malas melakukan ibadah adalah karena tidak paham tentang urgensi suatu ibadah. Bentuk kelalaian yang dialami oleh seseorang adalah karena ia lupa bahwa ia adalah manusia, makhluk yang lemah. Sebagai seorang muslim, seharusnya kita menyadari bahwa hanya dengan beribadah kepada Allah lah kita akan mendapatkan bantuan dan pertolongan. 

Allah SWT. Allah Ta’ala juga berfirman: 

“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaannya) kami, benar-benar akan kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS, Al-Ankbut:69)

2. Sering bermaksiat

Tidak ada manusia di bumi ini yang sempurna, kita semua pasti pernah berbuat dosa apapun bentuknya. Sering bermaksiat juga menjadi penyebab seseorang malas melakukan ibadah, karena yang ada dalam fikirannya hanyalah kenikmatan duniawi saja. Orang yang terus menerus seperti ini akan mendapatkan murka dari Allah SWT. 

Salah satu bentuk murka Allah adalah dengan dilenyapkan manisnya iman dan Allah tidak akan memberikan kenikmatan dalam ketaatan. Selain itu, orang seperti ini tidak mampu untuk menjaga ketaatan dan ibadah yang sebenarnya semua itu adalah jalan untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Seperti firman Allah SWT yang berbunyi: 

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka itu disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri.” (QS. Asy-Syura:30)

Oleh karena itu, sebagai kaum muslim sudah seharusnya kita menjauhi perbuatan maksiat dan dosa-dosa kecil yang dianggap remeh. 

3. Tidak paham besarnya pahala suatu ibadah

Penyebab berikutnya mengapa seseorang malas beribadah, adalah karena tidak paham tentang betapa besarnya pahala yang didapat karena suatu ibadah. Ilmu agama yang minim mengenai ibadah membuat mereka malas beribadah. Sebaliknya, apabila ia tahu tentang pahala besar yang didapat dari beribadah, maka akan semakin rajin dalam beribadah. 

4. Melupakan kematian

Terlalu sibuk dengan pekerjaan dan urusan dunia lainnya juga akan membuat kita lupa dengan kematian, hal ini juga menjadi penyebab kita malas melakukan ibadah. Sebetulnya sah-sah saja jika kita memiliki kesibukan demi kehidupan kita yang lebih baik, namun kita juga perlu ingat tentang kematian. Seperti  hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar radiallahu’anhu yang berbunyi sebagai berikut:  

اعْمَلْ لِدُنْيَاكَ كَأنَّك تَعِيشُ أبَدًا، وَاعْمَلْ لِآخِرَتِكَ كَأَنَّكَ تَمُوْتُ غَدًا 

Artinya: “Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan engkau akan hidup selamanya. Dan bekerjalah untuk akhiratmu seakan-akan engkau akan mati besok pagi.”

Oleh karena itu, kita dianjurkan sesering mungkin untuk mengingat kematian agar lebih rajin dalam beribadah. Allah SWT berfirman:

“Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu.” (QS. Ali Imran: 185)

Setelah memahami tentang penyebab seseorang malas melakukan ibadah, rasanya tidak afdol jika tidak membahas tentang bagaimana cara yang dapat kita lakukan agar tidak malas beribadah kepada Allah SWT. Berikut 3 cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari rasa malas dalam beribadah:

  1. Perbanyak istighfar
    Dengan beristighfar kita memohon ampun kepada Allah dari dosa-dosa yang telah kita perbuat dan agar terhindar dari dosa-dosa yang akan datang, serta meminta kekuatan untuk melakukan kebaikan di masa yang akan datang
  1. Mengingat akhirat
    Selalu ingat bahwa kita hidup di dunia hanyalah sementara, suatu saat nanti kita akan kembali kepada-Nya dan diminta pertanggung jawaban atas amal ibadah yang sudah kita perbuat selama di dunia. 
  1. Mengingat nikmat yang diberikan Allah
    Jika saat ini kamu masih bisa bernafas untuk menikmati udara yang segar, mampu berjalan, dan memiliki penglihatan yang baik untuk membaca artikel ini,  maka kamu termasuk orang yang beruntung karena telah diberikan nikmat oleh Allah SWT. Dengan mensyukuri nikmat ini, kita akan tergerak untuk melaksanakan ibadah.

Itulah beberapa penjelasan tentang  penyebab seseorang malas melakukan ibadah dan cara-cara yang dapat kita lakukan agar kita tidak malas melakukan ibadah. Semoga kita selalu dilindungi dari godaan setan dan diberikan kekuatan untuk beribadah kepada-Nya ya sobat..

Aamiin Ya Rabbal Alamin

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu