Belajar Islam, Mulai dari mana?

No Comments

Menuntut ilmu merupakan salah satu ibadah kita, sebagai umat kepada Allah. Namun, gak sedikit dari kita yang sejak dulu telah menimba ilmu agama, tetapi gak tahu pasti kemana arah yang kita tuju, skala prioritas dalam belajar pun gak memadai.

Allah swt selalu memberikan waktu kepada kita sebagai umatnya agar selalu memaksimalkan diri dalam menuntut ilmu. Sehingga nantinya mampu melanjutkan perjuangan ulama dalam berdakwah. Mungkin kamu masih merasa bingung, harus mulai belajarnya dari yang mana dulu, bukan? Nah, berikut ini adalah poin penting yang bisa kamu jadikan acuan dalam memulai belajar agama.

1. Aqidah

Hal utama yang bisa kamu pelajari adalah aqidah. Dalam ajaran islam, aqidah adalah sebuah landasan yang dimana, jika kamu adalah seorang muslim kamu harus memiliki aqidah yang baik terlebih dahulu dan tentu, harus diimbangi dengan pemahaman yang tepat terhadap aqidah itu sendiri.

Setiap agama pun tentunya memiliki aqidah yang dipegang oleh para penganutnya. Tetapi, jika kamu berbicara tentang apa itu aqidah yang benar, jawabannya tentu hanya ada di dalam islam.  

2. Fiqih

Kata fiqih dalam bahasa artinya paham atau pemahaman. Tetapi, ada beberapa pengertian lain seperti, Imam Abu Hanifah yang  mengatakan bahwa Fiqih itu adalah pengetahuan diri kita tentang hak dan kewajiban yang kita jalani. Dalam artian, bagi Imam Abu Hanifah, setiap umat muslim memiliki hak dan kewajibannya masing-masing.

Nah dari situ, kita sudah bisa memastikan bahwasanya fiqih adalah suatu pemahaman dari para ulama yang didasari oleh Al-quran dan Sunnah. Serta jika dirincikan mengenai hak kewajiban adalah dengan kamu melakukan sholat 5 waktu, puasa dan nanti pun ada yang namanya mukhtasar. Sehingga, gak mungkin ada satupun hukum faqih yang tidak memiliki dalilnya.

3. Bahasa arab

Yang terakhir adalah belajar bahasa arab. Mungkin kamu akan berpikir bahwa gak begitu penting untuk belajar bahasa arab. Tetapi kamu salah, menurut Ibnu Taimiyah, bahasa arab adalah sesuatu yang wajib kamu pelajari sebagai umat muslim.

Selain itu, ada beberapa alasan yang juga bisa kamu pertimbangkan kenapa sih kamu harus belajar bahasa arab:

  1. Bahasa arab merupakan syair islam dan umat
  2. Saat sholat dan dzikir, kita menggunakan bahasa arab.
  3. Menyerupai Sahabat dan Tabi’in
  4. Kamu bisa lebih memahami Al-Quran dan As-Sunnah
  5. Bahasa arab juga bagian dari agama
  6. Jika kamu terbiasa menggunakan bahasa arab, maka dapat mempengaruhimu dalam berlogika, berakhlak dan tentunya beragama. 

Kesimpulannya, jika kamu ingin memulai belajar agama. Mulailah dengan metode dan arahan yang benar secara ta’shil. Kamu bisa belajar secara bertahap agar hasil yang kamu dapatkan benar-benar bisa menuntunmu dalam menyebarkan dakwah. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu